Jumat, 21 Oktober 2011

Persepakbolaan Indonesia

Menyinggung masalah sepak bola, mungkin kita masih ingat Piala AFF 2010 lalu dimana Indonesia mampu menunjukan prestasi yang cukup memuaskan. Di penyisihan grup Indonesia mampu keluar sebagai juara grup dengan poin sempurna dan didampingi Malaysia sebagai Runner Up.

Di semifinal Indonesia mampu menundukan Filipina dengan skor 1-0 di leg pertama dan leg kedua. Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Chistian Gonzales. Namun keperkasaan Indonesia mampu diredam oleh Malaysia pada final leg 1 dengan skor yang cukup mencolok yaitu 3-0. Tak mau menyerah Indonesia berhasil membalas di Gelora Bung Karno dengan skor 2-1 dan Malaysia keluar sebagai juara seteleah mengalahkan Indonesia dengan agregat 4-2.

Di kualifikasi Piala Dunia 2014, Indonesia ingin mengulang memori indah Piala AFF 2010 ketika bermain tandang melawan Turkmenistan. Hasilnya cukup memuaskan, Indonesia mampu menahan imbang Turkmenistan dengan skor 1-1. Bermain dikandang Indonesia mampu meraih kemenangan setelah menang 4-3 atas Turkmenistan.

Namun pada penyisihan grup kali ini Indonesia masih terseok-seok dan menghuni dasar klasemen. Setelah menelan kekalahan beruntun dari Iran, Bahrain dan Qatar. Ini adalah hasil yang cukup buruk. Selama ini Indonesia hanya mampu menembus babak 1 pada Piala Dunia tahun 1938 ketika masih Hindia Belanda.

Itu adalah prestasi terbaik Indonesia selama ini. Sampai saat ini Indonesia masih belum mampu menunjukkan prestasi yang lebih memuaskan. Bahkan liga Indonesia seperti belum bisa menghasilkan pemain yang berkualitas. Kapan sepak bola negara ini akan maju? Lebih baik PSSI saat ini harus mulai membina dan mencari  pemain muda yang berkulitas. Memang sekarang Indonesia masih belum bisa berkembang, tetapi kita tetap fokus terhadap Kualifikasi Piala Dunia 2014 namun PSSI harus menatap kedepan dan mulai membangun persepakbolaan yang lebih berkualitas. Prestasi Timnas Indonesia klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar