Selasa, 15 November 2011

Seni Merangkai Janur

Janur (dalam bahasa Jawa) adalah daun kelapa muda dari beberapa jenis palma besar seperti kelapa dan lainnya. Janur oleh masyarakat Indonesia memang sering dijadikan kerajinan tangan yang memiliki nilai seni.

Pada masyarakat Indonesia khususnya suku bali, jawa dan sunda sering memanfaatkan janur untuk dianyam. Anyaman tersebut biasa dijadikan hiasan pada acara perkawinan dan untuk upacara keagamaan. Janur yang masih terangkai pada tangkainya biasa diikatkan pada bambu kemudian dirangkai dengan bermacam anyaman dan umumnya dipasang digerbang atau tepi jalan pada adat bali.

Di Jawa biasa membuat sepasang anyaman dari janur serta kombinasi buah dan bunga. Kedua anyaman tersebut diletakkan ditepi pelaminan pada upacara perkawinan yang umum disebut kembar manyar sebagai simbol bersatunya dua individu dalam wadah rumah tangga. Hiasan ini juga ditemukan pada upacara upacara di Bali.

Selain untuk hiasan, masih ada kerajinan yang lain. Seperti ketupat, bakcang dan lainnya setelah dipisahkan dari lidinya. Janur biasa digunakan untuk pembungkus makanan karena kuat dan tahan panas. Sementara lidinya dapat dirangkai menjadi sapu lidi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar