Jumat, 11 November 2011

Manfaat dan Kelemahan Internet

Apa sebetulnya  manfaat dari internet itu? Sebetulnya internet itu mempunyai banyak manfaat, bukan hanya sebagai penghubung ke dunia  maya saja. Internet juga dapat dijadikan sebagai gudang atau sumber ilmu yang bermanfaat bagi pengetahuan. Selain itu dapat juga dijadikan sebagai media komunikasi dengan orang lain yang jauh lokasinya dengan menggunakan situs jejaring sosial.

Internet juga dapat kita manfaatkan untuk memperoleh keuntungan ekonomi atau memperoleh uang. Dengan begitu kita akan memperoleh pemasukkan selain dari bekerja secara langsung. Memang pada era globalisasi internet sering dijadikan jalan alternatif untuk memperoleh uang. Bahkan banyak orang yang terkenal melalui internet dan langsung manjadi artis.

Sisi baik dari adanya internet bagi para pelaku bisnis yaitu dapat dijadikan sebagai media promosi produk yang mereka produksi tanpa mengeluarkan biaya lebih. Banyak pula instansi pemerintah yang menggunakan internet untuk kepentingan data seperti untuk survey penduduk dan lainnya. Lain lagi bagi para siswa, internet juga dapat membantu untuk mencari ilmu untuk kepentingan sekolah seperti tugas dan sebagainya.

Itu adalah sisi baiknya namun dibalik keuntungan itu terdapat juga sisi buruk dari adanya internet. Dari internet juga dapat menjerumuskan orang terutama para remaja. Banyak remaja yang menyalah gunakan internet untuk mencari hal-hal yang berbau porno dan dapat merusak moral mereka. Saat ini pun banyak pelaku tindak kriminal yang memanfaatkan internet sebagai lahan untuk mencari korban, seperti penipuan, penculikan dengan memanfaatkan situs jejaring sosial.

Jadi internet memang menguntungkan bagi kehidupan kita dan ambil sisi positifnya saja. Tinggalkan sisi negatif yang mampu merusak moral bagi generasi muda kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar