Rabu, 16 November 2011

Kunci Sukses

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, dalam berusaha untuk meraih kesuksesan harus memiliki dasar atau tujuan. Tanpa adanya dasar atau tujuan, hidup kita akan terasa itu-itu saja tanpa ada perubahan. Dengan kehidupan yang tanpa ada perubahan kemungkinan pikiran negatif akan masuk. Maka dari itu usahakan kita terima dengan pikiran positif.

Jika pikiran negatif yang masuk, maka kemungkinan besar kita akan selalu menyalahkan keadaan yang sedang kita hadapi. Maka dari itu kita harus mengetahui dasar atau tujuan dalam hidup kita. Dengan mengetahui tujuan hidup, kita akan mudah menentukan arah mana yang akan kita tuju dan kita perjuangkan. Ada beberapa kunci sukses yang harus dimiliki seseorang untuk meraih kesuksesan.

Yang pertama adalah jujur. Jujur adalah kunci pertama dalam menentukan kesuksesan kita. Dengan kejujuran kita akan mendapat kepercayaan lebih dari orang lain. Dan dengan memperoleh kepercayaan kita akan mudah mendapatkan pekerjaan.

Yang kedua adalah kerja keras. Jika kita hanya jujur tapi tanpa ada kerja keras sama saja kita mendapatkan peluang tetapi tidak kita menfaatkan dengan baik. Maka dengan kerja keras kita akan dapat meraih apa yang kita bayangkan selama ini.

Ketiga adalah keuletan. Bekerja keras dengan diikuti keuletan akan menghasilkan sesuatu yang lebih memuaskan. Karena dengan keuletan kita akan cepat menyelesaikan pekerjaan atau kegiatan dan kita juga dengan cepat pula memperoleh pekerjaan atau kegiatan yang baru. Dengan keuletan itulah kita akan semakin mencintai pekerjaan atau kegiatan yang kita jalani dan semakin menambah semangat hidup.

Keempat adalah konsisten. Dengan menjaga konsiten, kita akan terus menghasilkan sesuatu yang bernilai dan secara terus menerus. Jika kita melakukan pekerjaan atau kegiatan secara konsisten, maka ada seseorang yang tertarik dengan konsistensi kita dan dari orang tersebut kita bisa membangun kerjasama untuk meraih kesuksesan.

Yang kelima adalah mau belajar dari kesalahan. Mungkin ini adalah yang paling membuat orang mudah menyerah. Kalau mau meraih kesuksesan kita harus belajar dari kesalahan yang lalu. Biasanya orang jika membuat kesalahan akan merasa dirinya tidak mampu untuk melakukannya, tetapi sebenarnnya itu adalah kesalahan fatal. Kesalahan dapat kita jadikan pengalaman, dan pengalaman kita jadikan guru yang utama. Karena dari semua pengalaman kita akan menjadi manusia yang lebih baik.

Keenam adalah pantang menyerah atau tidak mudah putus asa. Jadikanlah menyerah dan putus asa adalah kata terlarang dalam kamus kehidupan kita. Orang yang mudah putus asa tidak akan bisa berkembang menjadi pribadi yang kuat dan cenderung akan menjauh dari kesuksesan.

Ketujuh adalah semangat hidup yang tinggi. Orang yang memiliki semangat hidup tinggi akan cenderung berusaha memperbaiki kehidupannya yang lalu. Seperti yang diajarkan dalam agama "Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.". Dengan memegang prinsip seperti itu seseorang akan semakin bersemangat untuk menyongsong hari esok untuk membuat sesuatu lebih berguna dari hari kemarin dan tentunya akan membuat kita dengan cepat meraih kesuksesan.

Kedelapan yaitu percaya diri. Percaya diri sangat diperlukan untuk meraih sebuah kesuksesan. Tanpa adanya percaya diri kita merasa terbatasi atau tidak bebeas dalam berekspresi seperti yang diinginkan. Percaya diri juga dapat memperlebar kesempatan untuk mengembangkan apa yang ada pada diri kita.
.
Kesembilan atau yang terakhir adalah menghargai diri sendiri dan orang lain. Dengan mulai menghargai diri sendiri kita akan dapat menghargai orang lain. Cara yang paling mudah untuk menghargai orang lain adalah kita memposisikan diri kita sebagai orang lain. Apakah kita senang jika seseorang memperlakukan kita seperti itu. Jika kita tidak senang apalagi jika kita melakukannya terhadap orang lain tentu mereka akan merasa tidak dihargai. Maka menghargai diri sendiri adalah kunci untuk menghargai orang lain.


Itulah kunci sukses yang dapat saya bagi, pegang teguh prinsip tersebut dalam kehidupan sehari-hari untuk meraih sukses. Terutama untuk saya dan teman-teman sekalian agar kita mampu meraih apa yang kita inginkan dalam hidup kita. Dan yang tidak kalah penting adalah hargailah semua orang yang ada disekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar