Selasa, 15 November 2011

Buah-Buahan Yang Mengandung Vitamin C

Pada musim hujan seperti saat ini, menjaga kesehatan sangatlah penting agar terhindar dari penyakit. Cara paling praktis yang mungkin bisa Anda coba dan mungkin pula Anda sukai adalah mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C. Selain rasanya yang enak buah juga memiliki manfaat.

Ada beberapa buah yang banyak mengandung vitamin C, antara lain :

1. Jeruk
Seperti yang kita ketahui jeruk memang memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C berperan dalam proses penyerapan zat besi nonorganik (zat besi dan makanan nonhewani) sehingga dapat mencegah dan membantu penyembuhan anemia seseorang. Vitamin C juga memiliki Antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

2. Strawberry
Buah strawberry ternyata menyimpan nutrisi yang bagus untuk tubuh kita. Selain Antioksidan, ia juga kaya serat, rendah kalori, mengandung vitamin C dan masih banyak lainnya. Konsentrasi tujuh zat Antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi atau hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas.

3. Mangga
Selain mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh, ternyata mangga memiliki zat lain yang tak kalah pentingnya. Yaitu kalium yang mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan secara bebas memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke.

4. Lemon
Lemon yang kita ketahui mengandung vitamin C yang tak kalah dengan buah jeruk, masih memiliki manfaat lain yang berguna. Antara lain, meredakan gangguan lambung, membantu meredakan gangguan pencernaan, dan lainnya. Bahkan jika mengonsumsi jus lemon secara teratur membantu usus mengeluarkan sampah secara lebih efisien.

5. Kiwi
Selain rasa yang enak, buah kiwi mengandung vitamin C serta Antioksidan. Kandungan lainnya adalah lutein dan betakaroten yang merupakan vitamin A yang baik untuk mata serta kalium yang baik untuk kesehatan jantung dan kiwi juga mampu membantu atasi sembelit.

6. Jambu Biji
Jambu biji atau yang biasa kita kenal dengan jambu klutuk memiliki Antioksidan dan vitamin C yang berfungsi untuk menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler, mencegah anemia, sariawan, gusi berdarah,dan masih banyak lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar