Selasa, 15 November 2011

Banyak Rakyat Indonesia Dibawah Garis Kemiskinan

Sudah 66 tahun Indonesia merdeka, dan pembangunan maju sangat pesat. Perekonomian Indonesia pun mampu bersaing dengan negara lain yaitu dari sektor ekspor. Namun dibalik semua itu masih ada yang sangat menyedihkan jika kita melihat secara keseluruhan.

Indonesia memang sudah merdeka tetapi perekonomian Indonesia masih tertinggal dan rakyat masih terlilit dengan kemiskinan. Jika kita melihat di Jakarta saja masih banyak anak yang putus sekolah karena orang tua mereka tidak mampu membiayai sekolah mereka. Apalagi harga-harga kebutuhan pokok yang relatif mahal menyebabkan banyak anak yang putus sekolah dan beralih menjadi anak jalanan. Tentu saja ini membutuhkan penanganan khusus dari pemerintah.

Anak Jalanan


Pembangunan Ibukota yang terlihat sangat maju ternyata hanya bisa dinikmati golongan tertentu saja. Masih banyak yang memerlukan perhatian lebih dari pemerintah selain untuk pembangunan. Yaitu rakyat sangat membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Terutama untuk generasi muda kita yang kelak akan meneruskan pembangunan negeri ini.

Bukan hanya di Jakarta, masih banyak anak dipelosok yang belum bisa menikmati fasilitas seperti di daerah lainnya. Jangankan tersentuh untuk meningkatkan ekonomi rakyat dan pendidikan, untuk pembangunan saja masih terlihat jarang. Kapan rakyat Indonesia akan merdeka dari kemisikinan dan kebodohan?

Mungkin itulah pertanyaan yang tepat untuk menggambarkan keadaan rakyat Indonesia saat ini yang terkesan masih jauh dari kemakmuran. Masyarakat dipelosok seolah-olah terasingkan oleh pemerintah yang hanya fokus memajukan daerah tertentu saja. Lihat saja perbedaan pembangunan yang ada di pulau Jawa dan di daerah lainnya. Daerah lain seperti kurang mendapatkan sentuhan bantuan dari pemerintah. Apakah itu sudah adil?

Jika melihat semua itu tentu tidak adil. Seharusnya pemerintah lebih merata dalam melaksanakan pembangunan karena tak hanya di pulau Jawa yang membutuhkan pembangunan, tetapi juga daerah lain. Dengan memajukan pembangunan yang merata maka semua potensi dari semua daerah akan dapat terlihat. Terutama dari sektor pariwisata yang ditawarkan oleh alam Indonesia jika  dapat dikembangkan tentu mampu menambah pemasukan negara.

Dengan demikian akan dapat menarik para wisatawan baik lokal maupun internasional. Tentu saja semua ini membutuhkan peran pemerintah untuk mewujudkannya. Dan dari sinilah peran pemerintah yang sesungguhnya yaitu memakmurkan rakyatnya di seluruh penjuru negeri dan untuk memajukan perekonomian yang merata. Sehingga rakyat terbebas dari kemiskinan yang selama ini mereka rasakan.

Itu hanya penilaian saya tentang keadaan Indonesia saat ini yang masih jauh dari kemakmuran. Semoga tulisan saya ini dapat menjadi pertimbangan untuk pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar