Minggu, 04 Desember 2011

Panasnya Musim Hujan Akibat Pemanasan Global

Musim hujan kok terasa makin panas ya? Harusnya kan dingin, mungkin karena pemanasan global kali ya? Pemanasan global memang mempengaruhi iklim di bumi. Seperti sekarang musim hujan pun masih terasa panas bagaikan masih musin kemarau.

Semua terjadi karena aktivitas matahari semakin meningkat dan mengakibatkan suhu meningkat. Diperkirakan pada akhir tahun 2013 atau awal 2014 akan terjadi ledakan solar flare raksasa. Dari hal tersebut, sebenarnya solar flare tidak dapat merusak bumi secara fisik. Namun, dapat mengganggu sinyal transmisi dikarenakan terjadinya perubahan lapisan teratas atmosfer secara bertahap.

Selain itu faktor lain yang mempengaruhi panasnya suhu bumi tentu saja adalah pemanasan global. Pemanasan global adalah akibat dari ulah manusia sendiri yang mengeksploitasi alam secara berlebihan dan juga akibat dari efek rumah kaca. Efek rumah kaca terjadi karena bertambahnya emisi karbon dan metana serta kerusakan lingkungan oleh ulah manusia.
Sehingga sampai saat ini pun musim hujan terasa panas. Bahkan datangnya musim hujan pun terlambat karena terjadinya perubahan iklim. Perubahan iklim merupakan salah satu akibat dari pemanasan global. Musim hujan saat ini pun masih terasa panas akibat semua itu dan seharusnya manusia mulai memikirkan tentang masa depan bumi jika tidak ada tindakan untuk memperbaiki iklim bumi.

Suhu bumi saat ini sudah meningkat sekitar 2 derajat dari suhu normal. Jika kita membiarkan suhu meningkat bukan tidak mungkin es kutub utara akan mencair dan permukaan air laut akan meningkat. Bahkan yang lebih buruk adalah kepunahan makhluk hidup yang ada di bumi serta kekeringan di wilayah eropa. Serta berpindahnya penduduk yang tinggal di sub tropis menuju ke pertengahan garis lintang.

Solar flare memang tidak bisa dicegah oleh manusia, tetapi pemanasan global dapat dikurangi oleh manusia. Sebagai manusia kita memang mampu mengeksploitasi hasil alam, tetapi tetap dalam batas wajar dan tidak merusak bumi. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna  dan mempunyai pikiran untuk menjaga bumi agar tetap seimbang. Maka dari itu kita harus dan wajib memperbaiki apa yang telah terjadi serta menjaga apa yang telah kita perbaiki. Karena Tuhan menciptakan manusia untuk menjaga bumi dengan diberi pikiran untuk itu. Jadi marilah kita jaga apa yang telah dititipkan oleh Sang Pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar